Contoh Surat Permohonan Rekomendasi Untuk Berbagai Keperluan


25+ Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja PNS dan Guru Contoh Surat
25+ Contoh Surat Permohonan Mutasi Kerja PNS dan Guru Contoh Surat from www.suratresmi.net

Pendahuluan

Surat permohonan rekomendasi merupakan salah satu bentuk surat yang biasa digunakan untuk meminta seseorang atau pihak tertentu memberikan rekomendasi atas diri kita. Surat ini biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mendaftar beasiswa, atau bahkan untuk mengajukan visa. Dalam artikel ini, akan dibahas contoh surat permohonan rekomendasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi untuk Melamar Pekerjaan

Contoh surat permohonan rekomendasi untuk melamar pekerjaan biasanya memuat informasi tentang identitas pelamar, pekerjaan yang dilamar, dan rekomendasi dari atasan atau kolega yang pernah bekerja sama. Berikut adalah contoh surat permohonan rekomendasi untuk melamar pekerjaan:

Kepada Yth,

Nama: (Nama Pelamar)

Alamat: (Alamat Pelamar)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pelamar)

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (Nama Pemberi Rekomendasi)

Jabatan: (Jabatan Pemberi Rekomendasi)

Alamat: (Alamat Pemberi Rekomendasi)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pemberi Rekomendasi)

Dengan ini saya merekomendasikan (Nama Pelamar) untuk melamar posisi (Posisi yang Dilamar) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya telah bekerja sama dengan (Nama Pelamar) selama (Lama Waktu Bekerja Sama) di (Nama Perusahaan atau Instansi). Selama bekerja sama, saya melihat bahwa (Nama Pelamar) memiliki kemampuan yang baik dalam (Bidang yang Dikuasai), berdedikasi, dan memiliki integritas yang tinggi.

Saya yakin (Nama Pelamar) akan menjadi aset yang berharga bagi perusahaan Bapak/Ibu. Saya berharap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan lamaran kerja dan memberikan kesempatan kepada (Nama Pelamar) untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat permohonan rekomendasi ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pemberi Rekomendasi)

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi untuk Mendaftar Beasiswa

Contoh surat permohonan rekomendasi untuk mendaftar beasiswa biasanya memuat informasi tentang identitas pelamar, alasan mengapa membutuhkan beasiswa, dan rekomendasi dari dosen atau pembimbing akademik. Berikut adalah contoh surat permohonan rekomendasi untuk mendaftar beasiswa:

Kepada Yth,

Nama: (Nama Pelamar)

Alamat: (Alamat Pelamar)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pelamar)

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (Nama Pemberi Rekomendasi)

Jabatan: (Jabatan Pemberi Rekomendasi)

Alamat: (Alamat Pemberi Rekomendasi)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pemberi Rekomendasi)

Dengan ini saya merekomendasikan (Nama Pelamar) untuk mendapatkan beasiswa yang diselenggarakan oleh (Nama Pemberi Beasiswa). Saya mengenal (Nama Pelamar) sebagai mahasiswa/i yang memiliki potensi akademik yang tinggi dan berprestasi di bidang (Bidang yang Dikuasai).

Saya mengetahui bahwa (Nama Pelamar) memiliki motivasi yang tinggi untuk melanjutkan studi di bidang (Bidang Studi yang Dilamar), namun terkendala dengan keterbatasan finansial. Oleh karena itu, saya yakin bahwa (Nama Pelamar) adalah kandidat yang tepat untuk mendapatkan beasiswa yang diselenggarakan oleh (Nama Pemberi Beasiswa).

Demikian surat permohonan rekomendasi ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pemberi Rekomendasi)

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi untuk Mengajukan Visa

Contoh surat permohonan rekomendasi untuk mengajukan visa biasanya memuat informasi tentang identitas pelamar, alasan mengapa ingin mengajukan visa, dan rekomendasi dari atasan atau kolega yang pernah bekerja sama. Berikut adalah contoh surat permohonan rekomendasi untuk mengajukan visa:

Kepada Yth,

Nama: (Nama Pelamar)

Alamat: (Alamat Pelamar)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pelamar)

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: (Nama Pemberi Rekomendasi)

Jabatan: (Jabatan Pemberi Rekomendasi)

Alamat: (Alamat Pemberi Rekomendasi)

No. Telepon: (Nomor Telepon Pemberi Rekomendasi)

Dengan ini saya merekomendasikan (Nama Pelamar) untuk mengajukan visa untuk (Negara Tujuan). Saya telah bekerja sama dengan (Nama Pelamar) selama (Lama Waktu Bekerja Sama) di (Nama Perusahaan atau Instansi). Selama bekerja sama, saya melihat bahwa (Nama Pelamar) merupakan sosok yang bertanggung jawab, memiliki integritas yang tinggi, dan mempunyai tujuan yang jelas dalam mengajukan visa tersebut.

Saya yakin (Nama Pelamar) akan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya dan memberikan kontribusi positif kepada (Negara Tujuan). Oleh karena itu, saya berharap pihak yang berwenang dapat mempertimbangkan pengajuan visa dari (Nama Pelamar).

Demikian surat permohonan rekomendasi ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Pemberi Rekomendasi)

Kesimpulan

Demikianlah contoh surat permohonan rekomendasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti melamar pekerjaan, mendaftar beasiswa, atau mengajukan visa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang memerlukan referensi dalam membuat surat permohonan rekomendasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Film Disney Terbaru 2023

Rekomendasi Film Kartun 2022

Rekomendasi Masker Medis Terbaru Di Tahun 2023